Sabtu, 04 Februari 2017

Pengajuan Nikah Dengan TNI

👰 Assalamualaikum semuanyaa..

Kali ini aku mau nyempetin sharing yang masih aku inget aja ya tentang perjalananku melakukan pengajuan nikah ke kantor suamiku.
Seperti yang udah diketahui sama orang-orang yang dikalangan militer (polisi/TNI), untuk pasangan yang menikah dengan mereka tuh sebelum ke KUA udah harus mengantongi Surat Izin Komandan (SIK). Nah perjuangan memperoleh SIK itulah yang akan ku share disini.
Pada awalnya ada banyak syarat administrative yang harus dipenuhi diantaranya sebagai berikut (maaf kalo ada yang kelewat ya). Tapi untuk lebih detail, nanti langsung dimintakan aja checklist persyaratannya ke satuan masing-masing karena bisa jadi ada yang beda sedikit.



  1. Surat pengantar dari satuan calon suami untuk litsus tingkat koramil, kodim, korem.
  2. SKCK calon istri, bapak/wali dan ibu calon istri. Karena mama papaku udah meninggal, jadi aku cuma menyediakan SKCK ku dan waliku (kakakku yang lelaki).
  3. Surat Keterangan Belum nikah dari kecamatan. 
  4. Ijazah terakhir calon istri (tapi kalo aku kayaknya gak kepakai deh tapi gak tau ya kalo dipakai sama suamiku).
  5. Akte kelahiran calon istri dan calon suami
  6. Kartu keluarga ( KK) calon istri dan calon suami
  7. KTP calon istri dan kedua orang tua calon istri / wali
  8. Surat N1, N2, N3, N4 (urus di kelurahan)
  9. Surat persetujuan dari orangtua calon suami dan istri ( ditandatangani oleh ortu calon suami dan istri, dan camat). Template nya diperoleh dari kesatuan calon suami
  10. Surat pernyataan kesanggupan calon istri ( ditandatangani calon istri  bermeterai 6000 dan kecamatan) diperoleh dari kesatuan calon suami.
  11. Pas Photo calon suami (pakai baju PDH) bersama calon istri (pakai baju persit tanpa menggunakan lencana), biasa disebut Foto gandeng, disertai background dengan berbagai ukuran ya (6 x 9 dan 4x6, 2x3, 3x4). Jumlahnya sebanyak mungkin. Tapi yang paling banyak dibutuhin yang ukutan 6x9
  12.  Pas Photo sendiri-sendiri 4 x 6, 3x4, 3x3 cetak aja yang banyak. Kalo aku waktu itu kayaknya sampe 20lembaran deh.
  13. Surat keterangan asal usul calon pasangan. Nah disini akan ditanyakan nama dan beberapa informasi tentang papa mama, keluarga kandung mereka sampai ke kakek nenek kita.Tapi saya gak usah jelasin detail ya, nanti juga dikasih kok formatnya saat pengajuan.
  14. Major nya sih yang diatas tadi ya. Kalo ada yang kurang-kurang ya maaaap :)
Nah sekarang, aku mau cerita tentang perjalananku untuk minta surat pengajuan itu. Karena aku ini posisinya seorang karyawati swasta (aku kerja sebagai pegawai disalah satu bank Asing), jadi aku punya limitasi waktu untuk ngurus-ngurus ginian..
Awalnya, papa mertuaku datang ke koramil untuk kasih berkas kami, nah tapi gak langsung selesai karena ada dokumen yang kurang (no.13). Setelah udah lengkap, aku sama papa mertua dan kakak lelakiku datang ke kodim bekasi. Disitu juga nunggu dulu sampai beberapa hari baru deh dapet surat pengantar untuk ke Koramil. Nah yang ke koramil itu kakakku yang cowo. Ternyataa, kata kakakku , aku harus ikut juga kesana. waduuh bingung deh aku.. tapi akhirnya udah beres semua urusan setelah mas ku pulang kesini...tapi itu udah termasuknya deg deg an karena waktu nikah kami udah tinggal kurang dari sebulan lagi. Oke.. Dah beres, pada hari senin pagi,aku dan suamiku (saat itu masih calon) mengikuti tes kesehatan. Saat itu aku dites urine dan tekanan darah..tapi aku juga sudah tau kalo beberapa korps TNI mewajibkan tes virginity. But it's not a problem for me, since i always keep the "best" for the last . And i hope you also do that yah.. 😇 Alhamdulillah surat layak nikah dari tes kesehatannya udah selesai. Jadi aku bisa langsung ke test selanjutnya yang dinamakan litpers (kalo gak salah). Disitu ada beberapa soal yang harus diisi dan setelahnya kami di interview sama kabag nya.. Alhamdulillah lancar tp surat endorsement nya gak bs dikasih hari itu juga krn listrik mendadak mati jadi gak bisa diketik deh suratnya.. Okee mas ku gak nyerah, besoknya dia balik lagi dan udah beres.. Yippii.. Ketiga, kami datang ke disbintal. Disitu kita diinterview lg tapi dari sisi rohani sesuai agama kita. Ya ada juga beberapa pertanyaan tentang agamanya hehe.. Alhamdulillah beres dan surat udah jadi juga. Okee.. Saatnya ke komandan untuk minta surat sakti.. Tapi secaraa komandan adanya di waytuba, jadi aku, masku, mamanya mas ku dan ibu asuh mas ku berangkat ke waytuba pada hari kamis paginya.. Kita pergi pakai mobil sekitar 12jam yuhuu.. Mantaapp.. Aku nginap di mess pati (masku udah dapat izin supaya aku dan mamanya bisa nginep disitu). Dan jumat siang akhirnya kami menghadap komandan.. Dari beliau,kami diberikan wejangan hidup bagaimana nanti harus menghadapi suami seorang tentara apalagi suamiku juga seorang pilot, dimana risikonya double dibanding risiko tentara yang bukan pilot. Insya Allah aku siap dan Alhamdulillah SIK ditanda tangani. Surat SIK ini baru aku dapatkan sekitar dua minggu sebelum pernikahan 😁😁😁

Itulah perjalananku dalam mengurus SIK.. Semoga bisa menjadi referensi yang baik untuk teman-teman yang akan menghadapi pengajuan. Good Luck.. Inget.. "gak sesulit yang dibayangkan kok.. Dan selalu nikmati aja prosesnya ya!" 😘










38 komentar:

  1. Assalamualaikum ka suci, blognya sangat menginspirasi buat saya mempersiapkan diri. Ka kalau blh saya minta kontak person atau email kk. Soalnya ada sesuatu hal yang ingin saya tanyakan tp agak privasi. Terimakasih ka :)

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum ka suci, blognya sangat menginspirasi buat saya mempersiapkan diri. Ka kalau blh saya minta kontak person atau email kk. Soalnya ada sesuatu hal yang ingin saya tanyakan tp agak privasi. Terimakasih ka :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai sri..td saya udh bls via email y 😊

      Hapus
    2. Assalamualaikum mba suci. Apa sy juga boleh minta kontaknya mba suci? Ada banyak hal yg belum sy mengerti dan sy ingin tanyakan. Mohon balasannya ya mba :)

      Hapus
    3. Assalamualaikum mba suci. Apa sy juga boleh minta kontaknya mba suci? Ada banyak hal yg belum sy mengerti dan sy ingin tanyakan. Mohon balasannya ya mba :)

      Hapus
  3. Assalamualaikum mba.
    jadi waktu mba ada tes keperawanan tdk ? kan malu yaa diliat gitu hee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam mba wiwin,
      ya memang malu tapi kan yg mengecek juga wanita dan sesuai kapasitasnya sebagai medis. Jadi gak usah dibuat pusing.. santai aja :)

      Hapus
  4. siang mbak,,
    mau tanya ini, nikahnya tuh di KUA dulu apa di kantor ya? hhe.
    msh blm ada bayangan dan bingung, timbul pertanyaan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus nikah kantor dulu sayang.
      karena SIK (Surat Izin Komandan) yg kamu peroleh saat nikah kantor adalah syarat kamu untuk melakukan nikah KUA

      Hapus
    2. oh baiklah mbk,,makasih banyak ya atas pemberitahuannya :)
      dan untuk pengurusn di kantor itu hanya calon mempelai saja atau dengan kedua orang tuanya ya, soalnya rumah ada di Jogja, tp tempat tugas mas ku di Ambon,

      Hapus
    3. @Laili : Cukup kita dengan pasangan kita aja kok. Orang tua gak ikut. Tapi waktu itu calon mertua (sekarang udah mertua) ikut untuk nemenin ke Lampung nya aja, karena gak enak kalo keluar kota menghadap kekantor berduaan aja tp status belum nikah.. Tapi pas menghadap komandan ya cukup berdua aja.. paling nanti ditanyain kesini sama siapa..

      Hapus
    4. Oke mbak .Terimakasih banyak ya, Alhamdulilah sangat membantu :)

      Hapus
  5. ka kalo pengajuan nikah ke kantor tu harus bareng sma calon istri apa gak usah??

    BalasHapus
  6. Mbak kalo foto gandeng itu harus buka jilbab ya?
    Makasih

    BalasHapus
  7. Mbak kalo foto gandeng itu harus buka jilbab ya?
    Makasih

    BalasHapus
  8. Mba, mau tanya dong, untuk ijazah itu harus asli atau boleh yg fotokopi/legalisir? Makasih

    BalasHapus
  9. Kak mau tanya masalah N1 sampai N4 itu kak di buat di desa saya sama calon saya gt ta kak

    BalasHapus
  10. Soalnya ini saya blm paham saya mintak di desa saya kok saya di tolak saya harus ada N1 sampai N4 dari calon saya kak mohon info nya saya harus bagai mana

    BalasHapus
  11. Kak... Emang ada pengalihan gaji calon suami jg kah?? Yg nanti calon istrinya harus trs sebagai jaminan transfer ke rekening bendahara kantor suami.... Mohon penjelasannya.. Secepatnya ngge krn pnting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl di kesatuan suami ku sih ga ada. Maap ya blsnya telat 2minggu

      Hapus
    2. Kl di kesatuan suami ku sih ga ada. Maap ya blsnya telat 2minggu

      Hapus
  12. kak... boleh minta kontaknya gak?ada yg mau sy tanyakan utk proses pengajuan.

    BalasHapus
  13. Kak , mengahdap nikah yg muslim wajib pake jilbab ya ?

    BalasHapus
  14. kak mau nanya kan sebelum kita menikah,kan ada tes2 tu kaya di kasi buku besar untuk di pelajari nah itu gimana tuh

    BalasHapus
  15. Kak mau nanya dong kalo kita beda daerah (pulau) gimana cara urusnya...?
    Apakah saya yang kesana atau urus di domisili masing2 aja kak??

    BalasHapus
  16. Mba boleh aku minta nomer telfon wa yang aktif hehehe mau sharing aja aku mba , boleh yaaaa:) emailku aja mba

    BalasHapus
  17. Mbak suci,Biasa nya berapa lama selesai dr proses tsb?

    BalasHapus
  18. Hi untuk temen2 yang mau tanya2.. sorry banget aku jarang buka blog. kalo butuh urgent, bias contact ke email aku ya di suci.nurjanah88@gmail.com

    semangaat

    BalasHapus
  19. Mohon izin KK
    KK mau tanya apa benar kalau ngurus surat pengajuan itu lama and butuh waktu bahkan sampai 3 bln KK
    Terimakasih kk

    BalasHapus